Rabu, 10 Desember 2014

Optimasi Asus Zenfone 4,5,6 tanpa Root agar Lancar, Leluasa, Hemat RAM, Hemat Baterai, Hemat Kuota, Hemat Waktu dan Hemat Uang

 
Salah satu penentu performance smartphone adalah banyaknya ruang memory / RAM yang tersisa. Makin banyak RAM tersisa maka makin baik juga performancenya. Analoginya zenfone anda adalah sebuah mobil. Jika mobil diisi banyak penumpang, barang bawaan, asesoris (seperti AC, Sound system, televisi, lampu tambahan), maka mobil akan kurang gesit, lebih beresiko rusak dan boros bensin. Begitu juga dengan smartphone seperti zenfone ini. Pada saat baru beli, zenfone sudah terinstall banyak aplikasi dari Asus yang hebat-hebat namun berat. Saat dicek, dari 2 GB RAM hanya tersisa 1,1 GB bahkan kurang. Jadi 1 GB sudah termakan smartphone ini, apalagi jika diinstall game, BBM, Whatsapp dan aplikasi lainnya dari Google Play, tinggal sedikit tuh sisa RAMnya kan? 
Setelah penulis mencoba berbagai aplikasi, akhirnya didapat hasil Free Memory 1,4 GB dari 2 GB seperti gambar ini. Dengan demikian kinerja / performance smartphone semakin lincah dan gesit. Coba cek berapa free RAM smartphone anda......




Setelah berhari-hari berexperimen yang menghabiskan waktu, tenaga dan kuota, Berikut ini tip untuk menghemat RAM tanpa harus Root. Dengan demikian zenfone anda tetap aman dan tidak akan menghapus garansi. Selamat ngoprek....
  • ZEN-UI. Salah satu kekhasan asus zenfone adalah launcher ZenUI yang responsif dan informatif seperti Weather, What’s next, macam2 Notifikasi yang memakan RAM cukup besar. Untuk menghemat RAM pasang launcher lain seperti Smart Launcher atau Nova Launcher. Penulis lebih menganjurkan menggunakan Nova Launcher karena selain hemat RAM juga tampilannya user friendly & fully customized. Setelah Nova Launcher terinstall matikan / disable Asus Launcher / ZEN-UI dan Asus EZ Launcher, lalu atur Nova Launcher sebagai Default Launcher.
 Home Screen Nova Launcher
Pemakaian RAM Nova Launcher yang Hemat

Aplikasi di Nova Launcher bisa diatur Grid (Baris x kolom) nya
Pada Nova Launcher Prime (berbayar), terdapat fitur Group untuk aplikasi2 seperti games, tools, internet, widget dll sesuka anda.
  • App Preloaded. Buka Setting > Apps > Preloaded, pilih aplikasi yang jarang / tidak pernah digunakan misal Google Plus, Hangouts, KKBox dll seperti gambar ini. Pilih Force Stop lalu Disable. 
  • Sebaiknya aplikasi-aplikasi ini tetap aktif.

  • Google Chrome juga cukup berat dan memakan banyak RAM. Sangat beda dengan Google Chrome versi PC yang hemat dan cepat. Untuk itu matikan / disable saja dan ganti dengan browser yang lebih hemat RAM, ringan dan hemat kuota seperti UC Browser karena ada fitur menampilkan image secara Low quality.
 
  • Google Features. Disablekan juga fitur Google Playbooks, Games, Music, News dll karena tetap bisa diakses dan lebih lengkap di Google Playstore.
  • Google Keyboard otomatis sudah tidak dipakai karena sudah ada Asus Keyboard yang lebih powerful dan penggunaan RAM yang nyaris sama dengan Google Keyboard. Maka matikan / disablekan Google Keyboard.
  • Widget. Pasang hanya widget jam dan tanggal saja karena widget terus berada di RAM selama smartphone aktif. 
  • Camera. Ini dia aplikasi yang sangat menyedot baterai. Asus Zenfone memang canggih dalam hal hardware kamera. Kehebatan hardware kamera tersebut didukung dengan software / aplikasi Camera bawaannya. konsekuensi menggunakan app Camera Asus zenfone adalah baterai akan terkuras dalam sekejap. Hal tersebut disebabkan brightness layar akan menjadi maksimal dan processor bekerja keras meningkatkan tampilan agar terlihat terang 400% dalam kondisi Lowlight apalagi jika menggunakan fitur Depth Of Field. Untuk itu gunakan app camera dalam kondisi mendesak saja, dan pasang juga aplikasi camera lain misal Camera360. Hasilnya tetap baik karena dasarnya hardware Asus nya sudah mumpuni.  
  • Quick Setting: Banyaknya fitur dari Asus Setting juga menambah boros RAM. Untuk itu aktifkan saja fitur yang benar - benar diperlukan saja. Rasanya fitur seperti One Hand Operation, Glove Mode, Miracast, Owner, Reading Mode dll dinonaktifkan saja.
  • Aplikasi RAM: Banyak aplikasi yang dapat menambah free memory RAM tapi kenyataannya malah tetap bercokol dan memakan RAM itu sendiri. Untuk itu anda tidak perlu menginstall aplikasi seperti RAM booster, RAM Manager apapun, cukup klik Boost pada quick setting. 
  • Play Store Auto Update. Agar aplikasi tidak Update secara otomatis dan tidak ada notifikasi apapun, masuk saja ke Play Store lalu atur Setting dan matikan Auto-Update Apps dan Notifications. Sehingga urusan Update & pemberitahuan hanya sesuai keinginan anda, tentu saja hal ini menghemat kuota internet & baterai.
 
  • Dual SIM: Ini juga yang membuat baterai boros. Dengan 2 sim sekaligus aktif maka smartphone akan bekerja 2 kali lipat mencari sinyal. Oleh karena itu matikan salah satu SIM jika tidak digunakan misal saat berkendara atau sedang menggunakan Wi-Fi. Jika anda ingin selalu online sosmed (BBM. Whatsapp, Facebook dll) aktifkan saja modus Edge jangan HSDPA.

  • Wi-Fi vs 3G: Jika di dalam ruangan terdapat Wi-Fi, usahakan mematikan HSDPA/3G kartu SIM anda dan gunakan Wifi karena lebih hemat baterai. Smartphone bekerja lebih ringan menangkap jaringan Wifi dibanding HSDPA/3G pada kartu SIM.
  • Auto-Brightness: Layar adalah penyedot baterai terbesar. Layar makin besar dan makin terang maka baterai pun semakin cepat berkurang. Jika anda menggunakan smartphone di luar ruang yang terang maka otomatis layar semakin terang sampai maksimal tanpa anda sadari, sehingga baterai cepat terkuras. Oleh karena itu jangan sering menggunakan smartphone di luar ruang yang terang atau matikan Auto-Brightness lalu set ke 30% saja.
  • Power Saver: Atur secara manual / Customized Mode, dengan semua kecerahan minimal 30%. 
  • Notifikasi App: Matikan saja notifikasi pada aplikasi khususnya game yang tidak perlu selalu terhubung ke internet. Tapi jangan matikan notifikasi untuk BBM, Whatsapp atau Sosmed yang biasa anda gunakan. Dengan demikian tidak akan ada pemberitahuan dan permintaan untuk update, iklan dll yang diluar kendali anda.


Setelah semua dicoba lalu Restart Zenfone anda, lalu cek lagi RAM tersisa di Setting > Apps > Running. Pada awalnya sisa ram 1,4 GB. Setelah buka internet, game, BBM dan Whatsapp selama lebih dari 6 jam, sisa RAM menjadi 1,3 GB. Masih sangat leluasa kan?


Selamat mencoba (jika berani).....
Jika terjadi error alias ada yang ga jalan sih cukup Factory Data Reset aja.. maka pengaturan smartphone anda kembali baru seperti baru beli, beres!! Dan garansi masih berlaku karena tips ini bukan Root. Terima kasih telah membaca artikel ini, silakan ditambahkan jika ada tips lain dan mohon koreksi jika ada kesalahan. 

31 komentar:

  1. gan preloaded kok gk ada ya
    ,adanya downloaded, moveable, running ama all

    BalasHapus
  2. bermanfaat banget tips nya..i've tried n it works.

    BalasHapus
  3. Asus launcher didisable contact jd fc mastah

    BalasHapus
  4. thanks om broer.. it works !!

    BalasHapus
  5. klo perlu data applikasi di pindah ke SD card

    BalasHapus
  6. Mas, kalo zenUI nya ke force stop gmn? Apa nanti bakal timbul masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya iku, kayak aku tak stop bermasalah haha

      Hapus
  7. Hhaha..mantp..trimakash infonya gan

    BalasHapus
  8. Gan ada yg punya file picture & video bawaan zenfone5 enggak. Soalnya punyaq kehapus. Kalau masih ada yg punya, minta tolong uploadtin ya, terimakasih banget

    BalasHapus
  9. thx, infonya bermanfaat untuk zen 4 sy. gan mau tanya kok zen ui gak bisa di non aktifkan soalnya masih jalan di tembolok

    BalasHapus
  10. Artikelnya bagus dan bermanfaat, kami juga menawarkan website kami tentang WISATA JOGJA .

    BalasHapus
  11. Wewenang...manstaff...jd kt g usah experimen dahhh....

    BalasHapus
  12. Wah tips yang sangat menarik nih gan/
    Jangan Lupa Kunjungi Mas Helmi Blog

    BalasHapus
  13. Akhirnya ketemu juga tips keren ini, setelah uring uringan zenfone 4s sering mati, di forum juga belum ada solusi yang tepat dan sempat ngamuk ngamuk curhat di website pribadi

    BalasHapus
  14. Sekedar informasi saja sob, sebaiknya Zen UI tidak di freeze / melainkan di disable servicenya pakai aplikasi Disable Services.
    Untuk aplikasi BBM yang menguras banyak daya, juga bisa di disable sebagian service dan hanya sisakan BBM service pakai aplikasi Disable Services tersebut. BBM akan jadi lebih ringan..

    Oh iya, jika ada waktu mampir donk ke www.idblogpedia.com

    BalasHapus
  15. Sya kmarin beli hp asus 6 tpi knpaa aplikasi facebook tidak bisa d buka .. masakah nya d mna ea ...

    BalasHapus
  16. Disable apps ga' harus di tab preloaded kan?
    Tolong di bls dong soalnya gw punya asus zenfone 6 tp di setting apps-nya ga' da tab preloaded adanya downloaded, moveable, running, dan all gmn tuh?

    BalasHapus
  17. Asus zenfone c kenapa galery,musik,kalender map, dll.banyak pembaruan di play store internal nya malah jd penuh ama pembaruan yg gal penting please bro minta pencerahan nya,,apa ada yg salah dgn setingan hp nya,,pdhal ane udah coba d balikin ke setingan pabrik tp tetep aja begitu lg???

    BalasHapus
  18. admin kalo buat asus zenfone c bisa gak ?

    BalasHapus
  19. admin aplikasi bawaan caranya menonaktifkannya gmna ya ? kok gk bisa ,,

    BalasHapus
  20. saya coba pake zenfone c. bisa... tapi kok engk bisa transparan y pada menu y .

    gan , mw nayak yang disble itu zen ui asus zenfone c yang mana y. kok engk ada zen ui tak cari cari

    BalasHapus
  21. info yang bagus, langsung diterapkan dan hasilnya oke

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Di underclock ajj zenfone nya... goverment nya gunakan interactive ... irit baterai dan juga main game hd lancar jaya ga ada masalah

    BalasHapus
  24. makasih atas ilmunya, ini saya lagi coba... semoga pembagi Ilmu seperti dirimu sehat, panjang umur & banyak rejekinya..hehehe...Amiin

    BalasHapus
  25. TIKIQQ.COM - Agen BandarQ | Agen DominoQQ | Domino99 | DominoQQ | Domino Qiu Qiu | Qiu Qiu Online
    Agen Bandarq
    Bandarq
    Domino99
    DominoQQ
    Domino Qiu Qiu
    Agen Domino99
    Agen DominoQQ
    Agen Domino Qiu Qiu
    Qiu Qiu Onlinw
    TikiQQ Adalah Agen BandarQ, Agen DominoQQ Terbaik Dan Terpercaya Saat Ini Dengan Pelayanan Transaksi Yang Super Cepat Selama 24 Jam NonStop Dan Persentase Kemenangan Yang Tinggi Dan menyediakan games-games terbaik buat anda. Minimal Deposit dan WD sangat terjangkau hanya 20 Rb anda sudah bisa bermain Poker Dan Domino Dengan Uang Asli
    Ayo Segera Gabung Dan Mainkan Sekarang Juga Di TIKIQQ

    BalasHapus
  26. TIKIQQ.COM - Agen BandarQ | Agen DominoQQ | Domino99 | DominoQQ | Domino Qiu Qiu | Qiu Qiu Online
    Agen Bandarq
    Bandarq
    Domino99
    DominoQQ
    Domino Qiu Qiu
    Agen Domino99
    Agen DominoQQ
    Agen Domino Qiu Qiu
    Qiu Qiu Onlinw
    TikiQQ Adalah Agen BandarQ, Agen DominoQQ Terbaik Dan Terpercaya Saat Ini Dengan Pelayanan Transaksi Yang Super Cepat Selama 24 Jam NonStop Dan Persentase Kemenangan Yang Tinggi Dan menyediakan games-games terbaik buat anda. Minimal Deposit dan WD sangat terjangkau hanya 20 Rb anda sudah bisa bermain Poker Dan Domino Dengan Uang Asli
    Ayo Segera Gabung Dan Mainkan Sekarang Juga Di TIKIQQ

    BalasHapus
  27. TIKIQQ.COM - Agen BandarQ | Agen DominoQQ | Domino99 | DominoQQ | Domino Qiu Qiu | Qiu Qiu Online
    Agen Bandarq
    Bandarq
    Domino99
    DominoQQ
    Domino Qiu Qiu
    Agen Domino99
    Agen DominoQQ
    Agen Domino Qiu Qiu
    Qiu Qiu Onlinw
    TikiQQ Adalah Agen BandarQ, Agen DominoQQ Terbaik Dan Terpercaya Saat Ini Dengan Pelayanan Transaksi Yang Super Cepat Selama 24 Jam NonStop Dan Persentase Kemenangan Yang Tinggi Dan menyediakan games-games terbaik buat anda. Minimal Deposit dan WD sangat terjangkau hanya 20 Rb anda sudah bisa bermain Poker Dan Domino Dengan Uang Asli
    Ayo Segera Gabung Dan Mainkan Sekarang Juga Di TIKIQQ

    BalasHapus