Solusi TV LED Coocaa ke Digital Audio to Analog Converter tidak keluar suara di Speaker Aktif External

Sejak membeli Televisi Coocaa 42 Inch seharga Sekitar 2 jutaan hidupku semakin rumit. TV tsb sudah canggih dengan fitur Full HD, Android juga gambar yang baik. Tapi celakanya Output Audio tidak ada jack 3,5 mm atau RCA. Hanya ada koneksi Bluetooth dan Digital Out

Maka saya beli dan segera pasang alat Digital Audio to Analog Converter agar audio TV bisa keluar ke speaker aktif. Pemasangan sangat mudah namun anehnya tidak berhasil. Saya pikir alatnya rusak lalu saya beli lagi yang lebih mahal tetapi tetap gagal maning.


Alternatif terakhir saya coba koneksi audio TV via Bluetooth ke speaker aktif yang support bluetooth juga. Sepertinya ini adalah solusi terbaik. Setelah beberapa bulan terkoneksi bluetooth, kadang suara tersendat, tidak sinkron atau sulit konek. Buat istriku yang gaptek hal ini cukup merepotkan sehingga mengganggu keharmonisan rumah tangga. Saat main game PS3 seperti Guitar Hero dan GTA V, saya juga tidak nyaman karena kurang sinkron antara tombol2 di stick dan suaranya.

Sudah banyak saya pelajari dan ikuti tutorial di Youtube cara koneksi TV LED ke Speaker eksternal via Digital Audio to Analog Converter. Hasilnya nihil alias tidak berhasil. Saya pun frustrasi dan berencana menjual Televisi Coocaa ini untuk diganti dengan Televisi merk lain yang ada colokan input jack 3,5 mm atau RCA

Saat menyaksikan pidato Wapres yang berapi-api, saya kaget dan heran bahwa selama ini saya bodoh, tolol, bloon, goblok, bego, planga plongo dan ucapan cinta lainnya. Anda bisa tebak apa kesalahan saya? Ternyata saya tidak membuka karet transparan penutup / pelindung pada kedua ujung kabel Toslink! Pantas saja kabel sulit masuk dan sering lepas pada lubang input di TV dan Digital Audio Converternya. 

Setelah saya buka karetnya dan dicolokkan ke kedua lubang, maka kabel tertancap mantap. Dan suara langsung terdengar dari speaker external secara jelas dan menggelegar! Wow! Terasa kualitas lebih baik dan lancar jaya jika dibandingkan koneksi bluetooth yang kelemahannya sudah saya sebut di atas. Kini kedua karet tersebut sudah saya buang jauh-jauh.


Dengan demikian TV Coocaa ku yang suara bawaannya agak mendem bin cempreng, kini terasa seperti di bioskop! Maka hidupku kini jauh lebih bahagia. Semakin betah saja nonton Film di Netflix dan menikmati Musik saat PSBB, PPDB, PSBB, PPKM dan PPKN. Hidup Persib!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TV LED IKEDO 32 Inch Komentar Review Indonesia

Komentar Rumah Hantu Yogya Kepatihan Bandung