Penipuan di ATM via Telepon dan bukti transfer palsu di WA

Betapa bahagia diriku mendapat order jutaan rupiah atas nama Johan. Screenshot bukti transfer dikirim via Whatsapp. Tetapi setelah saya cek di internet banking dan m-banking, tidak ada uang masuk. Dia menjelaskan bahwa internet bank sedang error dan hanya bisa dicek via ATM. Saya pun berangkat ke ATM sesuai arahannya. Setelah cek saldo tetap tidak ada penambahan. Beberapa menit kemudian Johan menelepon dan memastikan saya sudah di depan ATM. Dia menyuruh saya membacakan pilihan menu pada layar monitor ATM. Saya ikuti petunjuk via telepon yang akhirnya mengarah untuk transfer balik sejumlah uang ke Johan. Disini saya curiga bahwa ini adalah modus penipuan. Sayapun pura-pura bingung dan oon agar pulsa dan kesabaran dia habis. Akhirnya Johanpun kesal dan menutup telepon sambil berkata-kata kasar. Selamat sudah tabunganku dari sang penipu.


Hal yang perlu dicurigai dari sang penipu adalah:
  1. Mengirim Screenshot bukan foto dari camera. Sms transfer tersebut bisa mudah dibuat siapa saja lain halnya foto kertas slip di ATM
  2. Memesan dengan uang nominal besar agar korban merasa tergiur dan senang luar biasa.
  3. Berkata sopan, tertata rapi dan agamis.
  4. Didampingi orang bank palsu untuk lebih meyakinkan korban
  5. Menggiring korban ke ATM terdekat dan menanyakan lokasi ATM. Kalau ini diinfokan bisa jadi dia menguntit anda.
  6. Meminta anda membacakan menu pada layar monitor ATM. Dia akan menyuruh tekan urutan tombol dan tidak akan mengatakan tekan tombol Transfer agar tidak mencurigakan.
  7. Menanyakan saldo anda saat ini dengan alasan verifikasi. Jika anda menginfokannya maka sang penipu bisa memperikiraan jumlah uang transfer balik ke rekeningnya.
  8. Bicara panjang (nyerocos) dan buru-buru agar anda tidak sempat berpikir.
  9. Berkata bahwa dia tidak sedang menipu, jika perlu sumpah2 demi Allah.
  10. Jika aksi gagal maka dia memblokir nomor WA anda. 
Sekedar info, nomor telepon Johan sang penipu adalah: 081211315687 dan 081290925961. Kemungkinan besar nama palsu dan nomor sudah dibuang.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TV LED IKEDO 32 Inch Komentar Review Indonesia

Membuat Surat Ahli Waris

Optimasi Asus Zenfone 4,5,6 tanpa Root agar Lancar, Leluasa, Hemat RAM, Hemat Baterai, Hemat Kuota, Hemat Waktu dan Hemat Uang