Minggu, 04 Desember 2016

Prosedur Perpanjang STNK 5 tahun Sepeda Motor Samsat Pajajaran Bandung

Setiap 5 tahun, kendaraan kita harus diganti Plat Nomornya di SAMSAT, tidak bisa di gerai2 di mall. Salah satu SAMSAT di bandung berada di jalan Pajajaran samping Lab Pramita. Untuk persiapan anda harus membawa:
  1. STNK Asli
  2. BPKB Asli & Fotokopi 2 lembar
  3. KTP pemilik kendaraan & Fotocopy 2 lembar
  4. Uang pajak kendaraan, Kalau ini tidak perlu difotocopy
Namun selain itu sebaiknya anda membawa:
  • Pulpen yang masih berfungsi
  • Papan dada untuk tatakan saat menulis
  • Map 2 buah, Karena nanti akan banyak lembaran kertas 
  • Makanan dan Minuman. Lupakan hal ini jika anda sedang Puasa.
  • Masker. 
Sala s
Langsung saja anda naik ke lantai 2 ke loket Informasi dan Formulir jika persyaratan dirasa sudah lengkap. Jika anda ragu, coba tanya ke petugas keamanan di sampingnya. Karena banyak orang yang ragu, petugas keamanan tersebut biasanya dikerumuni orang - orang yang bingung.

Setelah syarat - syarat lengkap, anda mendapat formulir isian. Silakan isi formulir sesuai BPKB dan STNK kendaraan anda di tempat yang sepi dan nyaman sambil menggunakan papan dada. Jika anda bergabung mengisi formulir di meja basement, suasananya berisik, berdesakan, bau asap knalpot dan banyak yang pinjam pulpen. 
Setelah formulir diisi lengkap, segera anda datangi petugas penggesek fisik nomor rangka dan mesin. Tahap ini memerlukan perjuangan karena petugas cuma 6 orang sedangkan orang yang ingin digesek (kendaraannya) cukup banyak. Tidak perlu memberi apapun selain ucapan terima kasih dan doa kepada tukang gesek tersebut, Aturan tsb terlihat di spanduk yang warnanya menyakitkan mata.

Kini anda bisa langsung ke Loket 1 Pendaftaran di basement untuk memasukan Map berisi formulir lengkap dengan hasil cek fisik kendaraan. Tunggu lagi sebentar sampai nama anda dipanggil. Jika tidak ada masalah, anda kembali ke lantai 2. Cape dehhh

Langsung saja anda ke loket Pengesahan STNK 5 tahunan yang jauh lebih nyaman daripada parkir basement. Di sini persyaratan di cek ulang. Anda harus menunggu panggilan untuk membayar pajak. Tahap ini yang cukup lama kira - kira 30-45 menit. Ini adalah saat yang tepat untuk mengeluarkan makanan dan minuman. Sebaiknya makanan dan minuman yang anda bawa tidak berbau dan tidak berisik seperti jengkol dan dorokdok.
Lalu nama anda dipanggil petugas untuk membayar pajak kendaraan (yang lebih mahal dari pajak tahunan). Setelah dibayar lunas (tidak bisa kredit), anda harus menunggu lagi beberapa menit untuk mendapatkan STNK baru.
Nama anda dipanggil yang ketiga kalinya untuk mendapatkan STNK baru dan pemberitahuan bahwa Plat Nomor baru siap dibuatkan di basement.
Tahap terakhir adalah menyerahkan STNK ke petugas Loket Produksi Plat Nomor di basement. Kira-kira 15 menit anda harus menunggu, dan selama itu pula anda harus menghirup udara dari knalpot kendaraan bermotor. Inilah saat yang tepat untuk mengenakan masker yang telah anda siapkan.

Setelah nama anda dipanggil yang ke empat kalinya, maka selesai sudah ritual 5 tahunan yang menguras tenaga, pikiran, uang dan waktu anda. Sampai berjumpa 5 tahun lagi….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar