Senin, 08 Desember 2014

Asus Zenfone 6 Review Komentar Pengguna


Setelah bertahun-tahun menggunakan feature phone atau tepatnya 'Stupid Phone', saya memaksakan diri untuk membeli handphone 'Smartphone'. Setelah survey ke BEC dan browsing di internet, ternyata pilihan jatuh ke Asus Zenfone 6. Saya memilih hp dengan layar besar karena jari2 saya relatif besar. Dengan speknya layar IPS HD 1280 x 720 Gozilla eh… Gorilla Glass, Processor Intel 2 Core (4 thread) RAM 2GB, Memory 16GB… Spek hp ini sudah mendekati spek laptop! Hp ini saya beli online di bukalapak seharga 2,5jt.
Setelah 2 minggu menjajal HP ini berikut ini adalah kesimpulan (kelebihan & kekurangan) hp Asus Zenfone 6:



  • Body: Desain yang elegan dengan bezel tipis di kiri kanan hp. desain tipis / slim design sehingga tidak terlalu menonjol masuk saku. 
  • Layar: Mata anda akan dimanjakan dengan tampilan layarnya yang sangat baik, gambar tajam, hitam pekat resolusi HD. 
  • Processor: Kecepatan tinggi. Dengan processor Intel maka tidak diragukan lagi kecepatan pemrosesan data. Hal ini terasa saat menscroll halaman, pindah antar aplikasi, install aplikasi *.apk, startup hp. Game-game beratpun dijajal dengan mudah dan ringan, tanpa banyak lag / drop frame. Jika anda penggemar game android maka hp ini bisa jadi memuaskan anda.
  • Kamera. Bawaan aplikasi kamera zenfone 6 dari asus ini memang luar biasa. Dalam kondisi gelap pun gambar masih terlihat sangat jelas tanpa banyak noise dan blur. Sesuai dengan iklannya bisa membuat foto 400% lebih terang. Software camera di asus zenfone 6 ini optimal dengan hardware cameranya, sehingga menjadi nilai jual yang sering digembor-gemborkan Asus. Namun sayangnya kehebatan kamera ini sangat menyedot baterai, dimana tampilan layar menjadi terang maksimal dan tidak bisa dibuat redup. Jika baterai anda masih 20%, lalu aplikasi camera bawaan diaktifkan, maka akan ada peringatan baterai harus dicharge karena dalam sekejap kapasitas baterai turun menjadi 15%!. Untuk itu penulis lebih suka menggunakan aplikasi camera lain seperti Camera360 atau ICS Camera yang tidak terlalu menyedot baterai, namun hasilnya masih baik meski tidak sebaik aplikasi camera bawaan saat kondisi kurang cahaya.
  • Audio. Kalau sektor ini penulis kurang puas. Memang suara bening dan tidak pecah, namun speakernya kurang keras keluarannya meski volume sudah maksimal dan equalizer sudah diatur sedemikian rupa. Untuk Ringtone dan SMS harus dimaksimalkan jika ingin terdengar jelas. Tapi jika dipasangkan pada headset dan audio di mobil, suara terdengar cukup keras dan jelas. 
  • Internet: Dengan kecepatan 42 Mbps, tidak diragukan lagi kecepatan berselancar di dunia maya baik upload maupun download. It’s blazing fast!
  • Messaging. Untuk SMS menggunakan aplikasi bawaan Messaging. Yang penulis suka dari messaging ini adalah kemampuan menyimpan template dengan 160 karakter per template. Pada aplikasi messaging lain biasanya hanya mampu menyimpan 100 karakter saja.
Alasan saya memilih ini adalah karena messaging bawaannya bisa membuat template dengan 160 karakter lebih. 
  • Dual SIM: Penulis menggunakan 2 kartu: Indosat Matrix untuk SMS dan telepon, dan Indosat IM3 untuk internet. Jika anda menggunakan aplikasi messaging sebaiknya menggunakan Go SMS Pro karena mendukung dual sim SMS. Jika menggunakan aplikasi SMS lain seperti ChompSMS. Handsent, EvolveSMS dll akan sulit menentukan SMS dikirim dari simcard yang mana.

  • Baterai: Jika anda aktif menggunakan hp untuk internet, game, buka2 gambar, setel musik dll, maka baterai akan habis sekitar 12 jam bahkan kurang, meski baterai yang disematkan cukup besar yaitu 3300 mAh. Namun meski bekerja keras, panas yang dihasilkan tidak terlalu terasa di genggaman tangan. Tapi jika cuma SMSan dan buka internet sekali-kali, baterai bisa bertahan 3 hari.  
  • RAM & Memory Internal: Memory 2GB yang disediakan akan tersisa 1 GB saja atau kurang jika menggunakan aplikasi bawaan Asus (ZenUI Launcher dll). Apalagi setelah menginstall Whatsapp dan BBM yang rakus RAM. Setelah diganti ke Nova launcher, aplikasi yang kurang dipakai di'disable'kan, notifikasi app dimatikan, maka zenfone 6 saya free memory menjadi 1,4 GB! Itu sudah termasuk Whatsapp dan BBM Lho! Sehingga kinerja hp terasa lebih cepat, ringan dan tidak banyak notifikasi yang tidak perlu. Caranya dijelas panjang lebar Disini. 
Free RAM 1,4 GB setelah dipasang Aplikasi, Game, BBM & Whatsapp

Kesimpulan: HP serasa kelas atas ini sangat memuaskan saya dan mengundang decak kagum rekan2 anda karena penampilan yang modern, layar yang tajam, kecepatan tinggi, ukuran besar dan tentu saja merk terkenal Asus dan Intel. Secara keseluruhan hp ini sangat baik dan layak untuk dimiliki serasa memiliki hp seharga 5 jutaan...




1 komentar: